Kamis, 27 Desember 2012

Inovasi penempatan katup pada sepeda motor

1. SV (side valve)
       Gambar side valve

     Pada SV atau klep samping, cam di pasang pada poros engkol dan mendorong ke atas dan mendorong valve. Valve terpasang di samping piston sehingga ruang pembakaran lebih besar. Hal ini memungkinkan untuk hasilkan perbandingan kompresi lebih besar dan mengurangi tenaga mesin. Tipe ini cocok untuk mesin dengan putaran rendah, biasanya dipakai di mesin industri.

2. OHV (overhead valve assembly)
    Gambar overhead valve assembly

       Pada tipe ini posisi klep berada diantara piston dan digerakkan oleh roker arm. Tipe ini ruang kompresinya lebih kecil, sehingga dapat menghasilkan peerbandingan kompresi yang tinggi dan tenaga mesin lebih besar. Karena di lengkapi dengan batang penekan yang panjang serta adanya rocker arm menyebabkan gerakan balik lebih besar dan juga jarak klep dan cam yang jauh menyebabkan kurang stabilnya ia pada putaran tinggi.

3. SOHC (single over head camshaft)
   Gambar single overhead camshaft



     Pada tipe ini batang penekan tidak ada, sehingga gerakan balik dapat di netralisir. Posisi cam berada di atas silinder yatu di tengahya, cam digerakkan oleh rantai penggerak yang langsung memutar cam sehingga cam menekan rocker arm. Poros cam berfungsi menggerakkan katup masuk (IN) dan katup buang (EX), agar membukka dan menutup sesuai dengan proses yang terjadi dalam ruang bakar mesin. Tipe ini komponennya sedikit sehingga pada putaran tinggi tetap stabil. Disebut single overhead camshaft karrena hanya menggunakan satu cam pada desainnya atau SOHC adalah system poros tunggal di kepala silinder.

4. DOHC (double overhead camshaft)
    Gambar double overhead camshaft

      DOHC adalah sistem poros ganda di kepala silinder. Fungsi DOHC sama seperti SOHC, Bedanya terletak pada banyaknya poros cam tersebut. Pada DOHC jumlah poros camnya dua, Sedangkan SOHC jumlah poros camnya satu. Pada tipe ini ada yang memakai rocker arm ada juga yang tidak ada. Klep masuk dan klep buang di operasikan tersendiri oleh dua buah cam.Tipe DOHC yang memakai rocker arm alasanya untuk mempermudah penyetelan kelonggaran klep dan merubah langkah buka klep. Tipe ini perawataya rumit biaya pembuatanya tinggi dan mesin lebih berat . Biasanya di pakai pada mesin spot kecepatan tinggi.


Yahya
OtoMOto-team

Tidak ada komentar: